Bersama Wabup Pessel dan Forkopimda, Kakanwil Hadiri Tasyakuran HAB ke-77 di Kemenag Pessel

Bersama Wabup Pessel dan Forkopimda, Kakanwil Hadiri Tasyakuran HAB ke-77 di Kemenag Pessel

Painan, Humas -- Bersama Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Helmi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda menghadiri acara tasyakuran Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-77 tahun 2023, di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (18/1/2023).

Kakanwil Helmi mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada jajaran Kemenag Pessel yang telah melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan HAB ke-77 Kementerian Agama yang luar biasa.

Selanjutnya dikatakan kakanwil, tasyakuran adalah bentuk mewujudkan rasa syukur terhadap nikmat Allah SWT. Laksanakan tugas, buat kinerja yang terbaik untuk umat dan Kementerian Agama. Jadikan prestasi yang diraih sebagai batu loncatan untuk lebih maju dan berprestasi ke depannya.

"Mari jaga kekompakan, kebersamaan, dan terus bangun sinergitas dengan pemerintah daerah baik dari jajaran Kementerian Agama, maupun dengan stakeholder lainnya," ajak Helmi.

Dikatakan juga hari ini juga akan melaunching sebanyak 25 program inovasi, baik dari kantor, KUA dan madrasah di lingkup jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain diikuti jajaran di lingkup Kantor Kementerian Agama Selatan, turut serta hadir unsur Forkopimda, para kepala OPD, Ketua Baznas, Ketua BWI Kabupaten Pesisir Selatan, Pimpinan BSI Area Padang, Pimpinan BSI Cabang Painan, dan juga menghadirkan mantan kepala kantor yang pernah bertugas di Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah menyampaikan selamat, atas suksesnya penyelenggaraan HAB ke-77 Kementerian Agama, dan berharap menjadi momentum bagi Kemenag Pessel untuk terus berinovasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan bersinergi positif dengan Kementerian Agama untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan,” kata Rudi Hariyansyah.

“Semoga melalui momentum Peringatan Hari Amal Bhakti ini dapat memperkuat sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, khususnya untuk pelayanan kepada masyarakat melalui program dan kegiatan keagamaan di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan,” tutur Rudi Hariyansyah.

Wabup mengatakan, beramal dan berbakti adalah bagian dari tanggung jawab kita bersama. Sesuai dengan salah satu Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan adalah mewujudkan masyarakat berakhlak yang baik di Pesisir Selatan.

"Ini tidak bisa dilakukan secara sendiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan. Perlu adanya penyamaan persepsi, semoga sinergitas antara pemda dan kemenag ini dapat berjalan secara bersama," kata Rudi Hariyansyah.

Tantangan kita di tahun 2045 adalah indonesia emas, kita harus kuat di dua komponen, yakni spritual dan konseptual untuk menyiapkan generasi muda yang berpendidikan dan berketerampilan tinggi serta inovatif.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda dalam sambutannya menerangkan, pelaksanaan tasyakuran tersebut merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas keberadaan Kementerian Agama yang sudah berusia 77 tahun.

"Seluruh rangkaian kegiatan telah kita laksanakan. Hari ini adalah penutup seluruh rangkaian kegiatan HAB ke-77, sekaligus launching sebanyak 25 pprogram inovasi di lingkup Kemenag Pessel, serta peresmian pemakaian gedung aula kantor," ujar Abrar Munanda.

Abrar Munanda mengatakan, di tahun 2022 satu-satunya Kantor Kementerian Agama yang mendapatkan bantuan dana rehabilitasi dan penambahan nilai rehab gedung se-Sumatera Barat hanya di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Ini kita laksanakan dengan maksimal dibawah pendampingan dan pengawasan Kejaksaan Negeri dan tentunya juga masyarakat Pesisir Selatan yang ikut melihat dan mengamatinya. Mudah-mudahan gedung ini semakin banyak manfaat. Aula ini juga terbuka nantinya untuk lapisan masyarakat umum dan tentu kita sesuaikan dengan regulasi yang ada," ungkap Abrar.

Kegiatan tasyakuran ini menjadi momen hangat untuk kembali bersilaturahmi dengan para pegawai yang telah purna tugas yang tergabung dalam Persaudaraan Pensiunan Kementerian Agama (PPKA), sekaligus menjadi rasa syukur atas dedikasi Kementerian Agama.

Dalam tasyakuran tersebut tersemat doa untuk Kementerian Agama yang lebih baik dan terus berinovasi dalam memberikan layanan kepada umat, serta menjalin kerukunan untuk masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan dalam menuju Indonesia hebat.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pemberian reward kepada mitra kerja Kementerian Agama atas prestasi-prestasi yang diraih diantaranya insan pers, baik cetak, online dan televisi terhadap pemberitaan program-program Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain itu juga diberikan reward kepada guru dan pegawai yang berprestasi, serta pemberian penghargaan kepada DWP Unit sebagai pelaksana jumat berkah teraktif. (zn)