Dilaksanakan Serentak se-Indonesia, Bupati Pessel Lepas Jalan Santai Kerukunan HAB ke-77

Dilaksanakan Serentak se-Indonesia, Bupati Pessel Lepas Jalan Santai Kerukunan HAB ke-77

Painan, Humas -- Sesuai dengan edaran Menteri Agama RI Nomor 42 Tahun 2022, untuk pelaksanaan HAB ke-77 Kementerian Agama ditutup dengan jalan santai kerukunan, Sabtu (14/1/2022).

Untuk tingkat Kabupaten Pesisir Selatan, jalan santai kerukunan dipusatkan di Painan, dilepas oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar. Jalan santai kerukunan diikuti lebih kurang 3000 orang peserta, terdiri dari unsur ASN dan keluarga besar Kementerian Agama, para guru PAI SD, SMP, dan SMA/SMK se-Kabupaten Pesisir Selatan, serta masyarakat umum.

Dalam sambutannya, Rusma Yul Anwar mengapresiasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan yang bekerja sama dengan semua pihak dan kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan jalan santai kerukunan.

Bupati berharap, selain untuk menjaga kebugaran, jalan santai kerukanan juga dapat dijadikan sebagai momentum untuk bersilaturahmi dalam meningkatkan kerukunan dan mempererat persatuan dan kesatuan antara Kementerian Agama dengan pemerintah daerah.

"Saya berharap dengan momentum kegiatan ini kita bisa mempererat persatuan dan kesatuan dalam meningkatkan sinergitas dan mendukung progran-program pembangunan pemerintah daerah,” ujar Rusma Yul Anwar.

Lebih lanjut Rusma Yul Anwar mengatakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan hadir merupakan sebuah bukti nyata akan eksistensi dan profesionalismenya, dan selalu ada untuk masyarakat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda mengatakan jalan santai kerukunan dilaksanakan serentak di Kanwil dan Kantor Kementerian Agama kabupaten dan kota se-Indonesia.

“Jalan santai ini mengambil star dari halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, dengan rute perjalanan mulai dari jalan Imam Bonjol menuju Rawang Painan terus ke GOR Ilyas Yacub, kemudian menuju bukit putus, terus menuju perempatan lampu merah menuju jalan Agus Salim, dan finishnya kembali lagi ke Kantor Kemenag," jelas Abrar.

Selanjutnya dikatakan, kegiatan jalan santai ini sebagai ajang silaturrahmi masyarakat Pesisir Selatan khusus keluarga besar Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain itu juga dalam rangka memperkuat ukhuwah dan meningkatkan citra Kementerian Agama di mata masyarakat. Hingga Kementerian Agama diharapkan semakin dapat dirasakan keberadaannya oleh masyarakat.

"Jalan santai kerukunan juga dibanjiri hadiah doorprize dan hiburan, yang disponsori oleh pemerintah daerah, satuan kerja di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, dan Bank Syariah Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, serta dari mitra kerja dan pihak swasta lainnya," ujar Abrar.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan berbagai piala pemenang lomba peringatan HAB ke-77 yang berisi banyak rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak Desember 2022. Mulai dari perlombaan di bidang seni, dan beberapa kegiatan keagamaan, serta kegiatan bakti sosial.

“Terima kasih atas partisipasi seluruh panitia pelaksana. Kepada pemerintah daerah, pihak perbankkan, BSI, BRI, terima kasih telah mensponsori kegiatan ini. Begitu juga kepada mitra kerja lainnya dan peserta yang telah ambil bagian dalam kegiatan ini, kami atas nama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan mengucapkan terima kasih,” ucapnya.

Abrar Munanda menambahkan, pada peringatan HAB ke-77 ini secara nasional telah ditetapkan tema yakni Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Kemenag menghimbau kepada seluruh satuan kerja baik di pusat maupun daerah untuk dapat menggunakan tema dengan tagline tersebut.

"Banyak cara bagi kita untuk meningkatkan kerukunan, baik kerukunan internal antar sesama ASN Kementerian Agama dan kerukunan eksternal dari berbagai lapisan masyarakat dengan cara mengadakan jalan santai kerukunan ini," ungkap Abrar.

"Kehadiran kita ini menunjukan bahwa potensi Kementerian Agama itu sangat besar di tengah-tengah masyarakat. Semua ini bisa terwujud berkat kerjasama, kolektifitas, dan komitmen kita bersama," tambahnya.

Kakan kemenag mengajak seluruh peserta jalan santai kerukunan untuk dapat menikmati kegembiraan dan kebersamaan.

Hal senada juga di sampaikan Ketua pelaksana. Dalam sambutannya Yossef Yuda mengatakan digelarnya jalan sehat kerukunan untuk menjaga hubungan silaturahmi antar ASN dan keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dan seluruh elemen masyarakat.

"Atas nama ketua pelaksana, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh teman-teman panitia atas kerjasamanya dalam mensukseskan jalan santai kerukunan ini, dan tak lupa ucapan terimakasih untuk seluruh sponsor dan peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujar Yossef. (zn)