Disaksikan Wabup dan Kakanwil, Kakankemenag Pessel Tandatangani MoU dengan Dua Lembaga Sekaligus

Disaksikan Wabup dan Kakanwil, Kakankemenag Pessel Tandatangani MoU dengan Dua Lembaga Sekaligus

Painan, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan melakukan kesepakatan perjanjian kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pesisir Selatan dan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang bertempat di aula kantor setempat, SmRabu (18/1/2023).

Disaksikan Wakil Bupati Pesisir Selatan dan Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Penandatanganan MoU ini berisi tentang kerjasama antara kedua belah pihak terkait tentang progres akselerasi percepatan sertifikasi tanah wakaf dengan BPN Kabupaten Pesisir Selatan.

Abrar Munanda mengatakan bahwa untuk menjamin kepastian hukum hak atas tanah wakaf, maka perlu dilakukan percepatan dalam proses sertifikasi tanah wakaf tersebut.

"Semoga percepatan sertifikasi tanah wakaf antara Kantor Kementerian Agama dengan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pesisir Selatan, dapat berjalan lancar," harap Abrar Munanda.

Sedangkan dengan BSI kerja sama di dalam penggajian, sesuai dengan imbauan Sekretaris Jenderal Kemenag RI bahwa, untuk menghadirkan Bank Syariah Indonesia dalam sistem penggajian Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal tersebut sesuai dengan mandatori Peraturan Menteri Keuangan nomor 11 tahun 2016 di mana jika dalam sistem penggajian suatu instansi pemerintah menggunakan lebih dari satu bank, maka wajib terdapat Bank Syariah.

Abrar Munanda menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada pihak BSI yang telah berkenan melakukan kerja sama dengan Kemenag Pessel tentang sistem pembayaran gaji, tunjangan kinerja, tunjangan profesi guru dan uang makan pegawai Kemenag Pessel.

Abrar Munanda berharap semoga ini memberikan kemudahan bagi ASN lingkup Kemenag Pessel tentang berbagai pelayanan, dan dengan MoU ini akan terjalin kerja sama lainnya yang baik, sehingga dapat meningkatkan kerja sama dalam kegiatan-kegiatan pelayanan lainnya.

Abrar Munanda menyatakan kesiapan kemenag untuk membangun sinergitas dengan pemerintah daerah dan BUMN, serta pihak swasta berharap ke depan kerja sama ini berjalan baik dan memiliki dampak yang baik bagi masyarakat.

"Di dalam melaksanakan tugas dan fungsi kita selalu membangun sinergi, baik dengan pemerintah daerah, unsur ormas, serta ninik mamak di Kabupaten Pesisir Selatan," ungkap Abrar.

Selanjutnya Kakankemenag Pessel tersebut mengatakan, sebelumnya pihak Kemenag Pessel juga telah melaksanakan MoU dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) tentang pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Selain itu kita juga akan memperpanjang MoU terkait optimalisasi data Pencatatan Sipil yang dulu telah kita laksanakan, yang dipadukan dengan salah satu program inovasi Kemenag Pessel yaitunya Mis d lima," tutup Abrar Munanda. (zn)