Jelang Musim Haji 1444 H, 24 Orang Ikuti Tes Petugas Haji di Kemenag Pessel

Jelang Musim Haji 1444 H, 24 Orang Ikuti Tes Petugas Haji di Kemenag Pessel

Painan, Humas -- Jelang musim haji tahun 1444 H/ 2023 M, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) melaksanakan tes calon petugas haji tahun 2023 M/ 1444 H yang diselenggarakan di aula kantor setempat, Selasa (25/1/2023).

Tes calon petugas haji, dilaksanakan serentak se-Indonesia. Untuk Kemenag Pessel sebanyak 27 orang yang telah dinyatakan lulus dalam tahapan seleksi administrasi, mengikuti tes kompetensi untuk Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan Arab Saudi.

Ketua Pelaksana Tes Rekrutmen Calon Petugas Haji Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023, Jarmil dalam laporannya menjelaskan bahwa dari 27 orang yang lolos seleksi administrasi, yang mengikuti tes hari ini hanya sebanyak 24 orang, dikarenakan 3 orang peserta berhalangan untuk hadir.

"Secara umum rekrutmen ini dilaksanakan dalam rangka mendapatkan petugas haji yang profesional," terang Jarmil.

Dalam kesempatan tersebut Jarmil mengatakan, tes dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan 10.30 WIB dengan menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT).

Lebih lanjut dikatakan bahwa tes dilaksanakan dengan cara yang sangat transparan, sehingga akan diperoleh petugas yang profesional, dengan menggunakan handphone berbasis android.

“Apabila peserta telah selesai mengerjakan soal dan mengirimkan jawabannya, di layar HP langsung muncul nilainya serta berapa pertanyaan yang dapat dijawab dengan benar,” jelas Jarmil.

Dari 27 orang ini terdiri dari 1 orang untuk PPIH Kloter dan 26 orang untuk kategori PPIH Arab Saudi, yang berasal dari 26 orang dari jajaran ASN Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan, 1 orang utusan dari Organisasi Keagamaan.

Menurut Jarmil, peserta yang lolos seleksi di kabupaten/kota, berhak mengikuti seleksi CAT tingkat provinsi yang akan dilakukan pada tanggal 31 Januari 2023 mendatang.

“Dan hasil tes petugas PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi tingkat provinsi akan diumumkan melalui website Kementerian Agama,” paparnya.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, yang dalam hal ini diwakili oleh Sub Koordinator Bina Umrah dan Haji Khusus, Ulil Amri sekaligus sebagai pengawas, dalam arahannya menyampaikan sambutan Dirjen PHU.

"Dalam rangka memperoleh petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik, Kementerian Agama melaksanakan seleksi calon Calon PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter secara terbuka dan kompetitif," ujarnya.

Ulil menambahkan, tahap pertama, seleksi dilaksanakan pada Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota baik penilaian administrasi maupun tes kompetensi (CAT). 

"Adapun tahap kedua nanti dilaksanakan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, baik melalui penilaian tes kompetensi (CAT) dan wawancara," tambah Ulil.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda ketika berpesan kepada seluruh peserta supaya mengerjakan soal dengan teliti dan seksama, karena waktu mengerjakan soal telah ditentukan.

Abrar Munanda berharap, semoga semua peserta mengikuti test ini dengan sebaik-baiknya dan mendapatkan hasil yang memuaskan. (zn)