Kankemenag Pessel Lakukan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi SE Menag No 15 2021 Secara Virtual

Kankemenag Pessel Lakukan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi SE Menag No 15 2021 Secara Virtual

Painan, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 tentang tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Salat Idul Adha 1442 H/2021 M dan pelaksanaan qurban di masa pandemi Covid-19, Jumat (25/6) di aula kantor setempat secara viertual melalui Zoom Meeting.

Rapat dibuka langsung oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda bersama Kasubbag TU, Yossef Yuda, Kasi Bimas Islam, Firdaus, dan Kasi PD Pontren, Sudirman, serta diikuti oleh Kepala KUA, penyuluh PNS dan Non PNS, kepala madrasah, guru se-Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan dan juga Kabag Kesra.

Kakan Kemenag dalam penyampaiannya mengatakan bahwa, SE No 15 tahun 2021 ini dalam rangka menjamin rasa aman dan kenyamanan oleh umat Islam dalam melaksanakan ibadah salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban, serta juga guna memutus rantai Covid-19, karena saat ini terjadi peningkatan positif Covid, apalagi sekarang ada varian baru dari Covid-19 tersebut.

Kakankemenag instruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mensukseskan SE Menag No15 tahun 2021 agar jangan sampai terjadi mis komunikasi ditengah tengah masyarakat. 

"Surat Edaran menteri agama nomor 15 tahun 2021 ini bukan untuk melarang masyarakat melaksanakan ibadah salat Idul Adha dan qurban," ujar kakan kemenag.

"Agar tujuan dari SE ini terwujud, diminta setiap KUA dan madrasah wajib menyampaikan laporan perkembangan sosialisasi SE ini pada hari Kamis disetiap minggunya," tegas kakan kemenag.

Pada kesempatan itu, kakan kemenag menyampaikan kepada Satgas Covid kabupaten terkait pelaksanaan vaksin di Kankemenag Pessel.

Kakan kemenag menyebutkan bahwa sebahagian pegawainya telah melakukan vaksin, dan bagi yang belum divaksin, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan telah mengagendakan untuk pelaksanaannya pada puskesmas terdekat.

Sementara itu Sekretaris Satgas Covid-19 Pessel, Dalipal yang juga merupakan Kasat Pol PP menyampaikan bahwa di setiap nagari ada posko Satgas Covid, serta juga akan membuat zonasi berdasarkan nagari.

"Pemerintah daerah akan menindaklanjuti SE No15 tahun 2021 ini, dan akan dilakukan rapat koordinasi ditingkat pemerintah daerah," ujar Dalipal.

Sekretaris Satgas Covid juga berharap pada keluarga besar Kankemenag Pesisir Selatan, agar ikut mengkampanyekan pada masyarakat terkait program vaksinasi.

"Karena kedepannya, masyarakat yang tidak mengikuti program vaksinasi, akan dikenai sanksi sesuai dengan program layanan yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun daerah," ujarnya. (zn)