Kemenag Pessel Bahas Rencana dan Tahapan Pelaksanaan Anggaran 2023

Kemenag Pessel Bahas Rencana dan Tahapan Pelaksanaan Anggaran 2023

Painan, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda pimpin rapat terbatas bahas rencana dan tahapan pelaksanaan anggaran tahun 2023 di ruang kerjanya, Senin (9/1/2023).

Hadir dalam rapat tersebut Kasubbag TU, Yossef Yuda, PPSPM, PPK dan Bendahara dari keempat Satuan Kerja, serta staf Pengelola Keuangan.

Dalam arahannya Abrar Munanda selaku KPA mengatakan, karena gaji sudah terintegrasi harus diselesaikan secepatnya dan meminta kepada pengelola untuk mendorong peningkatan kinerja sehingga anggaran dapat diserap dengan optimal dan maksimal. 

"Yang perlu kita tindaklanjuti adalah pembagian tugas pengelola keuangan, agar penyusunan rencana kerja dan anggaran di tahun 2023 ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan riil dan saling mendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, serta lebih terfokus mengelola untuk pencapaian target realisasi," ungkap Abrar.

Namun timpal Abrar, sebagai evaluasi, untuk tahun 2023 agar tidak ada lagi pagu minus dan surplus, apabila terdapat anggaran dan kegiatan yang tidak sesuai, agar cepat direvisi sesuai kebutuhan, sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan.

"Kita berharap revisi itu juga harus minimal, karena terlalu sering revisi itu pertanda perencanaan kita tidak matang, dan akan mengakibatkan berkurangnya Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan," kata Abrar.

Abrar Munanda mengimbau kepada seluruh pengelola keuangan untuk menjadi perhatian serius dan lebih memahami regulasi terkait dengan keuangan dan tetap menjalin komunikasi yang baik dengan pihak KPPN.

Pada kesempatan itu Abrar Munanda mengatakan, selanjutnya untuk dapat diadakan rapat strategi pengelola keuangan, bersama seluruh kepala madrasah terkait pengelolaan keuangan tahun 2023, minimal satu kali dalam satu bulan untuk dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi realisasi anggaran satker di kanwil.

Sementara itu Kasubbag TU mengatakan, rapat terkait anggaran diawal tahun ini dimaksudkan untuk memperoleh kesepakatan mengenai tahapan pelaksanaan anggaran dan juga mengevaluasi kekurangan administrasi terkait dengan pelaporan pertanggungjawaban keuangan di tahun 2022. (zn)