Kemenag Pessel Bersama Pemerintah Kabupaten Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Kampung Zakat

Kemenag Pessel Bersama Pemerintah Kabupaten Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Kampung Zakat

Painan, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Program Kampung Zakat, Jumat (7/6).

Rapat yang digelar di Aula Raudhah Kemenag Pessel tersebut membahas berbagai persiapan guna pelaksanaan Kampung Zakat yang akan diluncurkan di Kampung Gunung Bungkuak Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Sumardi dalam sambutannya memberikan pesan bahwa program kampung zakat dalam rangka untuk meningkatkan derajat ekonomi warga masyarakat sehingga program ini harus digelorakan bersama pemerintah kabupaten.

Adapun tujuan utama dari program ini lanjut Sumardi, adalah memaksimalkan peran zakat dan wakaf dalam upaya mengatasi kemiskinan yang berbasis pada daerah terpencil melalui optimalisasi dana zakat yang dikelola oleh Baznas, serta meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran mustahik secara ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya.

"Kita berharap dengan program kampung zakat ini, para mustahik hari ini akan menjadi muzakki di tahun-tahun yang akan datang. Kemudian di tahun ini juga akan terbentuk kampung-kampung zakat yang baru sehingga penyaluran zakat bisa teralisasi optimal," kata Sumardi.

Kemudian Sumardi mengajak seluruh peserta rakor untuk segera menyusun langkah-langkah untuk mempersiapkan pelaksanaan program kampung zakat tersebut sesuai dengan aturannya, dengan melibatkan seluruh stekholder yang ada di tingkat kabupaten.

Sementara itu Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Gustiwarni sebagai ketua mengatakan Kampung Zakat merupakan salah satu program sinergi antara Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serta lembaga pengelola zakat lainnya. 

"Program ini diluncurkan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan prekonomian umat," ungkapnya.

Hadir pada rapat tersebut Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan, OPD, Ketua Baznas Pesisir Selatan, Danramil IV Jurai, Kapolsek IV Jurai, Kepala KUA Kecamatan IV Jurai, Walinagari Kenagarian Gunung Bungkuak, dan Bamus Kenagarian Gunung Bungkuak. Zon