Kemenag Pessel Kembali Sapa Jamaah Bersama Pemerintah Kabupaten Serta Forkopimda

Kemenag Pessel Kembali Sapa Jamaah Bersama Pemerintah Kabupaten Serta Forkopimda

Painan, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan bersama pemerintah kabupaten melakukan kegiatan sapa jamaah secara virtual melalui zoom meeting di Painan Convention Center (PCC), Selasa (11/6).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Betriadi mengatakan, kegiatan Sapa Jamaah ini adalah guna memantau kondisi sekaligus bersilaturrahmi dengan para jamaah yang sedang berada di tanah suci.

"Kegiatan Sapa Jamaah ini sudah berlangsung selama 3 tahun dan kegiatan ini adalah dalam rangka bersilahturrahmi sekaligus pemantauan perkembangan kondisi jamaah haji Kabupaten Pesisir Selatan di tanah suci," ujar Betriadi.

Selanjutnya dikatakan jumlah jamaah Kabupaten Pesisir Selatan 143 orang yang tergabung dalam kloter 9 sebanyak 139 dan 17 sebanyak 4 orang jamaah dengan ketua kloter 9 Yossef Yuda, pembina ibadah haji, Susanto petugas kesehatan Abdurrahman.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan Sumardi menyampaikan, kegiatan sapa jamaah tersebut adalah hal yang sangat positif sekali.

"Pada kegiatan ini para jamaah haji bisa berinteraksi dengan kita semua dan sekaligus jamaah juga bisa memberikan informasi langsung dari tanah suci kepada pemerintah kabupaten dan keluarga," ujar Sumardi.

Sumardi menghimbau kepada seluruh yang hadir dalam kegiatan Sapa Jamaah, untuk mendoakan seluruh jamaah haji dan petugas, semoga selalu dalam keadaan sehat selama di tanah suci hingga sampai nanti kembali ke tanah air, dan semoga jamaah haji Kabupaten Pesisir Selatan mendapatkan predikat haji mabrur nantinya.

Sumardi juga mengingatkan kepada seluruh jamaah haji Kabupaten Pesisir Selatan yang sedang melaksanakan ibadah haji agar selalu menjaga kesehatan selama berada di tanah suci Makkah Al-Mukarramah.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan diwakili Sekretaris Daerah, Mawardi Roska pada kesempatan tersebut melakukan dialog langsung dengan Kepala Sektor 5 Madinah, Abrar Munanda, Ketua Kloter 9 Yossef Yuda dan beberapa orang jamaah Kabupaten Pesisir Selatan.

Sekretaris Daerah dalam sambutan dan arahannya mengapresiasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan yang telah mengagas kegiatan Sapa Jamaah.

"Kegiatan ini merupakan program inovasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan yang digagas langsung oleh Kakankemenagnya sendiri," ungkap Mawardi.

Mawardi berharap kegiatan Sapa Jamaah nantinya dapat lebih dikembangkan lagi sampai ke tingkat kecamatan, sehingga seluruh keluarga jamaah yang di kecamatan dapat juga mendengarkan dan melihat kondisi jamaah di tanah suci.

Kemudian kata Mawardi Roska, mengingat suhu di tanah suci mencapai 40 derajat Celsius lebih, maka jadikan hal tersebut sebagai ujian bagi seluruh jamaah dalam menyekesaikan seluruh rangkaian ibadah haji terutama bagi jamaah lansia, semoga sehat selalu dan diberikan kekuatan oleh Allah SWT dalam melaksanakan rukun haji.

Selanjutnya Mawardi Roska meminta kepada seluruh jamaah yang sedang menunaikan ibadah haji, agar juga mendoakan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan semoga sehat semua dan baik-baik saja.

Sementara itu Ketua kloter 9 Embarkasi Padang, Yossef Yuda melaporkan seluruh jamaah haji Kabupaten Pesisir Selatan dalam keadaan sehat dan tengah persiapan mengikuti rangakaian Armuzna.

"Untuk itu kami mohon doa kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan untuk kesehatan bagi jamaah haji Kabupaten Pesisir Selatan dalam melaksanakan semua rangkaian pelaksanaan Ibadah haji tahun 1445 H/ 2024 M," ujar Yossef.

PPIH Arab Saudi Kepala Sektor 5 Madinah, Abrar Munanda yang menaungi sekitar 70 lebih kloter jamaah haji Indonesia juga hadir pada kegiatan tersebut.

Abrar Munanda menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang telah memfasilitasi jamaah haji Kabupaten Pesisir Selatan sampai ke tanah suci hingga kembali lagi nanti ke tanah air.

"Pertemuan seperti ini sangat bermanfaat bagi jamaah kita yang saat ini bisa saling bertegur sapa sekaligus bersilaturahmi dengan pemerintah dan keluarga," kata Abrar.

Selain itu Abrar Munanda juga menyampaikan terkait dengan pelaksanaan haji pada musim haji 1445 H/ 2024 M.

Sekarang ini kata Abrar, Pemerintah Arab Saudi memperketat masuknya jamaah haji. Karena selain jamaah harus mempunyai kartu atau ID Card yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia, jamaah juga harus mempunyai kartu Nusuk dari Pemerintah Arab Saudi.

"Dimana, berdasarkan kebijakan terbaru Arab Saudi hanya jamaah yang membawa kartu Nusuk tersebut yang diperbolehkan memasuki tempat pelaksanaan puncak ibadah haji di Armuzna," ungkapnya.

Hal tersebut lanjutnya disebakan karena banyak masuknya penyusup atau jamaah haji ilegal selama kegiatan ibadah haji berlangsung. 

"Setiap jamaah yang akan masuk ke dalam bus harus mempunyai kartu Nusuk tersebut makanya kita berharap kepada jamaah kloter 9, jangan sampai hilang kartu tersebut," pesan Abrar.

Abrar juga menekankan kepada ketua kloter, para ketua regu dan ketua rombongan agar lebih memperhatikan jamaah. 

"Pastikan jangan sampai jamaah banyak beraktifitas di luar hotel cukup salat berjamaah di masjid terdekat di sekitar penginapan saja," ujar Abrar menegaskan.

Kemudian dikatakan, tahun ini pemerintah menyiapkan bagi jamaah lansia dengan program safari wukuf. Bagi jamaah lansia yang sakit dan sedang di rawat, mereka nantinya akan menjalani program safari wukuf tersebut.

"Hal tersebut dilaksanakan sesuai dengan tagline haji tahun ini yakni haji ramah lansia," tambah Abrar.

Turut hadir pada acara tersebut, Forkopimda, OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dan KUA, organisasi masyarakat, pengurus masjid, Penyuluh Agama Islam, IPHI Bank Penerima Setoran, serta ASN di jajaran Kamenag Kabupaten Pesisir Selatan. Zon