Kemenpan RB Undang Kankemenag Pessel Ikuti Rapat Kebijakan SKM dan FKP Lingkup Kementerian dan Lembaga

Kemenpan RB Undang Kankemenag Pessel Ikuti Rapat Kebijakan SKM dan FKP Lingkup Kementerian dan Lembaga

Painan, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan diundang mengikuti Bimtek Kebijakan SKM dan FKP Lingkup Kementerian Lembaga Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB.

Kegiatan bimtek diikuti oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, H. Abrar Munanda didampingi Kasubbag TU, Yossef Yuda, dan Tim SKM Kankemenag Pessel secara daring melalui Zoom meeting, Senin (24/5) di Aula Kankemenag Pessel.

Yeni Sitohang, narasumber bimtek menyebutkan dalam paparan materinya, ada beberapa unsur Survei Kepuasan Masyarakat, diantaranya adalah persyaratan, dimana di dalam persyaratan ini mencakup dokumen atau barang yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif," sebutnya.

Kemudian yang kedua yaitu, sistem, mekanisme dan prosedur atau tata cara pelayanan yang dibakukan penerima pelayanan, atau pengaduan.

"Unsur lainnya yaitu waktu penyelesaian, berapa jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan, dan juga ada unsur perilaku pelaksana atau sikap petugas pelayanan," jelas Yeni.

Yeni juga menjelaskan 5 langkah pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat, pertama adalah persiapan dalam menyusun instrumen survei, besaran dan teknik sampling, serta responden, kemudian yang kedua adalah pengumpulan data, ketiga pengolahan data, keempat analisis hasil atau evaluasi hasil, dan yang kelima adalah pelaporan dan publikasi.

Sementara itu dari Asdep Wilayah III Kemenpan RB, Sinta Nurfitri menjelaskan dalam materinya terkait dengan FKP.

"FKP terbagi dalam dua bentuk yaitunya non tatap muka atau pra FKP, kegiatan ini dilakukan untuk menentukan tema FKP yang akan dibahas dan bersumber dari media komunikasi, seperti radio, televisi, medsos, aplikasi online, dan kanal pengaduan," jelasnya.

"Kemudian FKP tatap muka, yaitu merupakan kegiatan utama FKP yang dilakukan dalam bentuk FGD, Publik Hearing, Loka Karya, dan dapat juga dilakukan secara langsung dengan prokes, ataupun dengan zoom meeting," lanjutnya.

Kakan kemenag Pessel, H. Abrar Munanda dalam keterangannya mengatakatan sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan Kemenpan RB untuk mengikuti bimtek tersebut. 

"Materi-materi yang diberikan sangat bermanfaat dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan pengukuran kinerja pelayanan, serta diharapkan kawan-kawan tim SKM tidak menyia-nyiakan peluang ini untuk meningkatkan SDM pelayanan publik," harap kakan kemenag. (zn)