Kepala MIN 7 Pessel Laporkan Hasil PIGPM ke Kemenag Pessel

Kepala MIN 7 Pessel Laporkan Hasil PIGPM ke Kemenag Pessel

Painan, Humas -- Usai merampungkan seluruh rangkaian kegiatan Pelaksanaan  Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM), Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 7 Pesisir Selatan, Azwar Alif tindak lanjuti ke Kantor Kemenag setempat. Program PIGPM yang dijadwalkan selama satu tahun itu telah diselesai dengan baik dan siap melaporkan hasil induksi tersebut kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, sebagai laporan akhir dari rentetan kegiatan satu tahun belakangan, Selasa (01/09).

Azwar Alif saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa, sebagai kepala madrasah, ia bertanggung jawab dalam pelaksanaan Program Induksi Guru Pemula Madrasah yang ada di madrasah, untuk itu seorang kepala madrasah harus memastikan keterlaksanaan program induksi guru pemula tersebut mulai saat persiapan hingga berakhirnya program induksi.

"Selain itu seorang kepala madrasah wajib melaporkan pelaksanaan PIGPM kepada Kepala Kantor Kementerian Agama setempat, dan nantinya diteruskan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, hal ini membuktikan bahwa hasil laporan ini menjadi sesuatu hal sangat penting dalam penyelesaian program induksi, sehingga kepala madrasah pun wajib menyiapkan laporan kegiatan tersebut," ungkap Azwar.

Dari kegiatan ini, Azwar Alif mengarahkan agar kedua guru pemulanya, Magdalena dan Yufri Anggraini bisa menggali informasi dan potensi diri untuk kemajuan madrasah. Program induksi ini sejatinya bertujuan sebagai wadah pendampingan dan bimbingan terhadap guru pemula untuk beradaptasi di madrasah, dengan demikian diharapkan akan terciptanya tenaga pendidik yang andal dan membanggakan madrasah kedepan.

"Dengan selesainya kegiatan ini diharapkan kepada para guru pemula bisa memiliki kemampuan mengajar dan mendidik siswa, serta bisa lebih meningkatkan dan mengembangkan lagi kualifikasi akademik dan kompetensinya secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," harap Azwar.

Jafrizal, selaku Pengawas madrasah saat dikonfirmasi via seluler juga menyampaikan beberapa harapannya kedepan. "Semoga program induksi ini menjadi keberuntungan bagi guru pemula untuk mengembangkan karir dalam menjalankan tugas dengan baik pada madrasah tempat mereka bertugas, dan dengan selesainya kegiatan ini juga diharapkan bagi guru pemula telah memiliki kemampuan mengajar dan mendidik siswa," ujar Jafrizal. [Lena] zn