Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan, Kepala MIN 7 Pessel Berikan Motivasi Seluruh Guru dan Pegawainya

Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan, Kepala MIN 7 Pessel Berikan Motivasi Seluruh Guru dan Pegawainya

Painan, Humas -- Dalam rangka menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan dikalangan guru dan pegawai di madrasah, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 7 Pesisir Selatan, Azwar Alif berikan motivasi kepada seluruh guru dan pegawainya dengan memberikan pelatihan membuat pot bunga cantik dengan seni artivisial dengan kombinasi kain bekas yang hasilnya akan bernilai ekonomis.

Azwar Alif saat ditanyai perihal kegiatan pelatihan ini menjelaskan bahwa, Kewirausahaan di MI merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan sebagai upaya penumbuhan karakter dan kemandirian siswa di madrasah. Seorang wirausaha berperan baik secara internal maupun eksternal. Secara internal seorang wirausaha berperan dalam mengurangi tingkat kebergantungan terhadap orang lain. Karenanya jiwa wirausaha harus kita tumbuhkan sejak usia dini termasuk anak diusia MI. Dengan harapan anak-anak mempunyai jiwa kemandirian yang tangguh dan siap menghadapi zaman yang penuh dengan persaingan. Untuk mencapai itu semua, guru MI sebagai garda terdepan dalam pembentukkan karakter tersebut harus mampu memberikan pengetauhan ataupun pengalaman kewirausahaannya kepada peserta didik, Sabtu (5/9).

Lebih jauh Azwar menambahkan, program kewirausahan yang kita kembangkan di Madrasah selama ini merupakan pengembangan dari program Kepala Madrasah  yang salah satunya dibidang Kewirausahaan. Sebagai Kepala Madrasah kita di tuntut untuk lebih aktif, kreatif serta berinovatif dalam menyikapi problema yang terjadi pada zaman modern seperti saat sekarang ini. Apabila seseorang sudah mempunyai jiwa kewirausahaan ataupun bisnis maka ia akan memiliki keinginan dan motivasi untuk bisa mengembangkannya dan merubahnya menjadi lebih baik lagi, walaupun sedikit demi sedikit ia pasti mempunyai keinginan untuk merubah atau mengembangkan potensi bisnisnya untuk lebih maju kedepan.

Bustanil selaku guru PJOK di Madrasah mengaku sangat bersyukur sekali dengan adanya pelatihan yang diberikan kepala madrasah kepada guru-guru di madrasah. "Sungguh ini menjadi pengalaman yang sangat berharga sekali bagi kita untuk pengembangan kompetensi siswa dibidang kewirausahaan, tidak hanya bagi siswa saja, namun juga sangat bermanfaat bagi guru dan pegawai di madrasah untuk mengembangkannya di rumah masing-masing sebagai salah satu solusi dalam menambah penghasilan," ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya pelatihan pembuatan pot bunga cantik dengan menggunakan kain bekas ini, akan menambah inventaris ilmu dan pengalaman bagi guru di madrasah dalam pengembangan pendidikan kewirausahaannya terhadap peserta didik.

"Dengan demikian, peserta didikpun akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang jauh lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis, dan pendidikan kewirausahaan ini juga dapat menumbuh kembangkan minat bakat siswa sesuai dengan hobby dan bakatnya masing-masing," tutup Bustanil. [Melni] zn