MAN 3 Pesisir Selatan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

MAN 3 Pesisir Selatan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW
MAN 3 Pesisir Selatan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW
MAN 3 Pesisir Selatan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Balai Selasa, Humas -- Dalam rangka memperingati hari kelahiran nabi besar Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 rabiul awal di setiap tahunnya. Seluruh guru, pegawai dan siswa-siswi MAN 3 Pesisir Selatan berkumpul di musholla Darussalam (31/10). Selain sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya di Madrasah ini, Pimpinan Madrasah H. Aprisal secara formal memberikan undangan kepada para guru untuk menghadiri acara ini melalui group WA Madrasah. 

H. Aprisal selaku pimpinan Madrasah yang juga bertindak sebagai pemberi materi ceramah dalam kegiatan tersebut menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh keluarga besar MAN 3 Pesisir Selatan yang hampir semuanya mendukung acara ini dengan penuh kesadaran. Impian beliau untuk menciptakan madrasah berbasis santri dan semi pondok pesantren serta ingin mendirikan pondok benar-benar terlecut. Apalagi melihat suasana religius yang ditampilkan pada kesempatan ini.

Waka bidang kurikulum Mustamir yang memimpin kegiatan ini berharap agar seluruh kita terutama para siswa-siswi generasi muda selalu menjadikan nabi besar Muhammad SAW tuntunan dan pedoman hidup agar selamat dunia akhirat.

 Hal senada juga disampaikan oleh H. Aprisal, "Mari kita contoh nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari." Azmi Nur Aziz selaku guru Bahasa Arab juga berharap dengan diadakannya peringatan maulid nabi Muhammad SAW siswa-siswi bisa meneladani kepribadian Rasulullah dalam segala aspek. Selain itu, Beti Superni sebagai staf TU mempunyai harapan yang yang sama, ia mengatakan, "Semoga diadakannya harapan ini mampu membangkitkan nilai-nilai islami dalam diri siswa dan syiar Islam," imbuhnya. 

Harapan demi harapan juga muncul dari siswa madrasah ini. Sebut saja, Ahmad Zarfi Shabani dari kelas XII IPK 1 yang juga tergabung dalam tim Hadroh An-Nur. "Dengan diperingatinya maulid nabi besar Muhammad SAW, kita bisa mengenang hari kelahiran nabi," tuturnya. Sementara Irwandi Syaputra dari kelas XII IPK 2 berharap kegiatan ini lebih bisa menyemangati generasi muda untuk mengetahui sejarah sejarah nabi. Lain halnya dengan Danta Dwi Putra kelas Xl IPK 1 memaknai maulid nabi, "Berbahagia di hari kelahiran nabi," imbuhnya. 

Kegiatan ini disemarakkan oleh tim Hadroh An-Nur yang membuat suasana menjadi lebih hidup. Gema lantunan sholawat yang diikuti bunyi gendang mampu membuat hadirin terpukau dan membangkitkan ghiroh Islami serta kecintaan yang bertambah kepada nabi besar Muhammad SAW. Begitupun dengan lantunan pembacaan Asmaul Husna. Ini mampu memancing para hadirin untuk bersama-sama membacanya dengan penuh hikmat dan khusu'. (meria fitriwati)