Menjadi Irup Peringatan HAB ke-77, Bupati Pessel Ajak ASN Pahami Peran Aktual Kemenag di Tengah Perkembangan Bangsa

Menjadi Irup Peringatan HAB ke-77, Bupati Pessel Ajak ASN Pahami Peran Aktual Kemenag di Tengah Perkembangan Bangsa

Painan, Humas -- Puncak peringatan Hari Amal Bahkti (HAB) Kementerian Agama RI ke-77 yang ditandai dengan upacara bendera di lapangan upacara MAN 2 Pesisir Selatan, bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Selasa 3/1/2023).

Upacara diikuti oleh seluruh ASN di jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Sekretaris Daerah, jajaran Forkopimda Kabupaten Pesisir Selatan, Persaudaraan Pensiunan Kementerian Agama (PPKA), serta DWP Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam sambutannya Rusma Yul Anwar membacakan sambutan dari Menteri Agama RI kepada seluruh aparatur Kementerian Agama dimanapun tidak boleh kehilangan perspektif dan wawasan menyangkut alasan fundamental berdirinya Kementerian Agama ini.

Rusma Yul Anwar mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat, serta jadikan peringatan HAB ini sekaligus penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

"Aparatur Kementerian Agama juga harus memahami misi, tugas dan fungsi Kementerian Agama yang harus diperkuat dari masa ke masa, serta memahami peran aktual Kementerian Agama di tengah perkembangan bangsa, negara dan kehidupan umat beragama," ujar bupati.

Peringatan Hari Amal bakti Kementerian Agama membawa pesan untuk bersama-sama dalam mewujudkan Indonesia rukun, sesuai dengan tema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat.

"Mari bersama kita melalui HAB Kemenag ke-77 ini untuk dapat dijadikan sebagai momentum dalam meningkatkan soliditas organisasi, agar berada dalam satu barisan yang kuat dan kokoh, serta teroganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ajak bupati.

Di tempat terpisah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda menyampaikan, dengan semakin bertambah usia akan bertambah kematangan dan juga akan bertambah semangat, serta motivasi untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing di lembaga Kementerian Agama.

"Tahun lalu tagline yang ditetapkan oleh Menteri Agama RI dalam rangka Hari Amal Bhakti yang ke-76 adalah Transformasi Layanan Umat. Kita di jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan berusaha mengejawantahkan tagline tersebut dengan berbagai Inovasi dan terobosan sehingga kehadiran Kementerian Agama semakin nyata dirasakan oleh masyarakat dan umat yang kita layani," kata Abrar Munanda.

Selanjutnya dikatakan tahun ini tagline yang telah ditetapkan adalah Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Kerukunan adalah sebuah indikator penentu dalam berhasil atau tidaknya sebuah pembangunan di tengah-tengah masyarakat.

"Tentunya dengan masyarakat yang semakin rukun, akan menjamin semakin terselenggaranya pelaksanaan pembangunan dengan sebaik-baiknya," ujar Abrar.

Abrar Munanda berharap mudah-mudahan tagline ini bisa pula dilaksanakan secara maksimal, dengan memberdayakan segala macam potensi yang dimiliki oleh Kementerian Agama khususnya di jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan beserta satker madrasah, KUA, dan semua lini yang ada di keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

Abrar Munanda menambahkan, selama tahun 2022 telah banyak raihan dan prestasi kinerja yang telah dicapai bersama-sama oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

"Pada saat yang berbahagia ini kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh seluruh saudara-saudara dan para sahabat keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir beserta madrasah dan KUA Kecamatan yang telah berupaya maksimal melaksanakan berbagai program prioritas Kementerian Agama sesuai dengan petunjuk teknis yang telah diberikan kepada kita semua," harap Abrar.

Lebih lanjut dikatakan ssmoga di tahun 2023 ini akan semakin banyak lagi prestasi dan kinerja yang bisa kita wujudkan dan kehadiran kita untuk mendukung dan merealisasikan kerukunan umat di tengah-tengah masyarakat kita akan nyata dan dirasakan.

"Kerjasama, kolektivitas, dan komitmen adalah 3 kata kunci yang selalu kita gaungkan dan kita kedepankan di dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kita sehari hari. Mudah-mudahan ini juga bisa mendukung kita di dalam mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan," ungkap Abrar.

Terakhir Abrar Munanda mengajak seluruh ASN dan jajarannya untuk dapat menjadikan peringatan HAB ke-77 ini sebagai upaya untuk senantiasa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

Pada peringatan HAB ke-77 ini sebanyak 46 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan menerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor Nomor 106/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan.

Penyerahan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya dilakukan langsung oleh Bupati Pesisir Selatan dengan rincian 3 orang Satya Lencana Karya Satya dengan masa pengabdian 30 tahun, 8 orang dengan masa pengabdian 20 tahun, serta 35 orang dengan pengabdian 10 tahun.

Kemudian rangkaian acara ditutup dengan kegiatan sosial ASN Kemenag Pessel Donor Darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pesisir Selatan. (zn)