MIN 7 Pessel Latihan Upacara Bendera Melatih Sikap Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Siswa

MIN 7 Pessel Latihan Upacara Bendera Melatih Sikap Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Siswa

Kapencong, Humas - MIN 7 Pesisir Selatan Mempersiapkan upacara Pengibaran Bendera hari senin dengan melatih petugas upacara. Latihan ini memang rutin dilakukan di hari sebelum pelaksanaan upacara. Latihan dilakukan di halaman MIN 7 Pesisir Selatan, Sabtu(20/2).

Guru-guru MIN 7 Pesisir Selatan  bekerja sama dalam melatih upacara ini. Petugas upacara diambil secara acak dan bergantian dari kelas III, IV dan kelas V. Latihan ini meliputi: baris-berbaris dan pembacaan teks. Petugas pengibar bendera dilatih secara khusus, sehingga pelaksanaan pengibaran bendera yang merupakan kegiatan inti dari upacara dapat berjalan dengan baik. Untuk menambah hikmadnya pelaksanaan upacara, juga dilatih memainkan pianika sebagai iringan lagu wajib.

Upacara bendera di hari senin merupakan upacara yang diwajibkan bagi semua jenjang sekolah, dari tingkat dasar sampai tingkat atas. Hal ini karena upacara merupakan salah satu cara untuk menyadarkan siswa akan pentingnya Bhineka tunggal ika sejak dini. Upacara dapat mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan. Disamping itu, dengan dengan melaksanakan upacara secara hikmat,  siswa dapat belajar untuk memimpin dan dipimpin serta dapat membiasakan siswa dengan kedisiplinan.

“Dengan latihan yang serius, diharapkan pelaksanaan upacara akan berlangsung dengan hikmat. Lagu-lagu wajib yang dinyanyikan dengan semangat dan penuh penghayatan dapat membuat pelaksanaan upacara ini menjadi menarik. Sehingga pelaksanaan upacara tidak akan menjadi beban yang membosankan bagi siswa, melainkan nantinya akan dinanti-nanti oleh siswa sebagai pembuka kegiatan belajar yang menarik dalam setiap minggunya," ungkap Feramita. (Lena)