Ny. Yenni Abrar Harapkan Sinergi Anggota DWP Kemenag Pessel Dalam Mewujudkan Visi dan Misi Organisasi

Painan, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda mengukuhkan pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Pessel masa bakti 2020-2024 di Aula Raudhah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Jum’at (17/2/2023).

Pengukuhan pengurus DWP tersebut dilaksanakan sesuai SK Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan Nomor 2.a tanggal 2 Januari 2023 tentang pengesahan pengurus Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan masa bhakti 2020-2024.

"Alhamdulillah baru saja kita pengurus DWP dikukuhkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan sekaligus sebagai pembina," kata Ketua DWP Ny. Yenni Abrar.

Ketua DWP mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dikukuhkan dan berharap bisa berkontribusi dalam menjalankan roda organisasi.

Ia berharap kepada pengurus yang baru dikukuhkan untuk dapat bekerja sama dalam memajukan organisasi.

"Dengan dikukuhkannya DWP masa bakti 2020-2024 ini diharapkan bisa bersinergi untuk menyatukan tenaga, pikiran dan segera mewujudkan visi serta misi organisasi," ujarnya.

Ny. Yenni menyebutkan, DWP memiliki peranan dan andil dalam mendukung kinerja suami dalam melaksanakan tugasnya.

"Diharapkan DWP bisa menjadi ujung tombak bagi kemajuan organisasi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan kedepannya,” harap Ny. Yenni.

Pada kesempatan tersebut Ny. Yenni mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DWP yang secara berkesinambungan telah melaksanakan program Jum'at Berkah di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda, sekaligus sebagai pembina mengatakan bahwa, setiap tahunnya kepengurusan DWP harus dikukuhkan.

"Hal ini bertujuan untuk melakukan upgrade terhadap organisasi untuk melakukan perubahan-perubahan dalam berdharmawanita," ujar Abrar Munanda.

Selanjutnya Abrar mengatakan pentingnya mengembangkan dan memajukan organisasi dan memberdayakan istri-istri PNS dari segi pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya. 

Abrar Munanda apresiasi DWP Kemenag Pessel dalam mendorong program pemberdayaan masyarakat dengan gerakan bakti sosial kegiatan Jum'at Berkah yang telah dilakukan secara berkesinambungan.

"Kegiatan ini telah menunjukan citra kita sebagai DPW yang ikut mendukung program pemerintah,” pungkas Abrar.

Selain kegiatan bakti sosial Jum'at Berkah, DWP Kemenag Pessel juga mulai mengembangkan dan membangun usaha di bidang ekonomi yakni membuat kalender dan merintis usaha catering.

Abrar Munanda pada kesempatan itu juga menyampaikan beberapa hal terkait kepengurusan organisasi seperti penyusunan program kerja, mulai dari yang sederhana sampai program yang bersifat prioritas.

Dalam arahannya Abrar Munanda menyebutkan 3 prinsip yang perlu dilakukan dalam mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah, seperti dalam hadist dan ungkapan Baiti Jannati yang bermakna, rumahku adalah surgaku. 

"Bagi pasangan suami dan istri yang beragama Islam, ungkapan ini memiliki makna tersendiri yang cukup mendalam, namun, baiti jannati secara umum mengarah kepada kondisi rumah tangga yang harmonis," ujar Abrar.

Prinsip pertama adalah taaruf dan tafahum, atau saling mengenal dan saling memahami di dalam rumah tangga, kemudian yang kedua, taqarrub dan taqarrum, atau saling berdekatan dan saling memuliakan.

Kemudian yang ketiga adalah prinsip ta'abbud, atau disebut semangat beribadah dalam keluarga.

"Ta'abbud inilah hal yang paling utama dalam mewujudkan keluarga sakinah, maka hidup berumah tangga itu jadikan sebagai ibadah, seperti dengan memperbanyak ibadah berjamaah serta membaca Al Quran, tutup Abrar. (zn)