Plt Kakankemenag Pessel : Wisuda Tahfidz Merupakan Salah Satu Program Pemerintah

Plt Kakankemenag Pessel : Wisuda Tahfidz Merupakan Salah Satu Program Pemerintah

Bayang, Humas -- Sebanyak 84 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Pesisir Selatan ikuti Wisuda Tahfidz Angkatan II dari berbagai kategori hafalan di halaman madrasah tersebut, Selasa (14/5).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Sumardi dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan Wisuda Tahfidz dan memotivasi agar program unggulan tahfidz dikelola sebaik-baiknya agar dapat menjadi brandingnya madrasah.

Kemudian kata Sumardi, untuk mewujudkan wisuda tahfidz bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan dukungan dan kepercayaan dari berbagai pihak, hingga wisuda tahfidz ini dapat dilaksanakan dengan baik.

"Terima kasih kepada kepala madrasah, guru dan seluruh stakeholder yang telah berupaya dalam membina para siswa dalam program tahfidz hingga terlaksananya wisuda tahfidz di MTsN 2 Pesisir Selatan hari ini," ujar Sumardi.

Pada kesempatan itu Sumardi mengajak seluruh unsur yang hadir untuk dapat menjadikan program tahfidz quran di madrasah sebagai momentum penguatan komitmen dalam meningkatkan kecintaan kepada Alquran.

"Hal ini dapat kita laksanakan dengan senantiasa selalu melakukan pembinaan terhadap generasi emas bangsa, agar kelak dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang qurani," kata Sumardi.

Disamping itu, lanjut Sumardi, tahfidz quran bukan hanya untuk menyalurkan bakat dan minat saja, namun tahfidz quran juga merupakan salah satu program pemerintah.

Selain itu, Plt Kakankemenag yang sekaligus Kasi Pendidikan Madrasah tersebut juga memotivasi para siswa peserta tahfidz untuk terus menjaga hafalan Alqurannya, karena Alquran akan menjadi syafaat nantinya bagi para penghafal Alquran.

"Jaga selalu hafalan, jaga lisan, jaga perbuatan, dan jaga shalat ananda semua," pesan Sumardi.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Pesisir Selatan, Sumarlin dalam laporannya menyampaikan, dari 84 siswa yang akan di wisuda tahfidz tersebut terdiri dari kategori 1 juz 27 orang, 2 juz 18 orang, 3 juz 12 orang, 4 juz 6 orang, 5 juz 7 orang, 6 juz 4 orang, 7 juz 4 orang, 8 juz 3 orang, 11 juz 1 orang, 13 juz 1 orang, 26 juz 1 orang.

Sumarlin menyebutkan, Kegiatan tahfidz ini kita laksanakan setiap hari di MTsN 2 Pessel dan selain menjadi tradisi, juga menjadi bagian dari syiar agama Islam serta menjadi kebanggaan tersendiri bagi para siswa.

"Ada peningkatan pada wisuda kali ini, baik itu dari segi jumlah peserta wisuda maupun dari banyaknya hafalan juz. Kalau tahun lalu wisuda yang paling tinggi itu 20 juz, hari ini ada siswa kita yang diwisuda 26 juz," ungkap Sumarlin.

Wisuda tahfidz di MTSN 2 Pessel juga dihadiri juga oleh Camat Kecamatan Bayang, Wali Nagari, serta kepala madrasah dan kepala sekolah di lingkup Kecamatan Bayang, ketua komite dan jajaran, serta orang tua wali murid wisudawan wisudawati tahfidz. Zon