Sebanyak 143 JCH Kabupaten Pesisir Selatan Diberangkatkan

Sebanyak 143 JCH Kabupaten Pesisir Selatan Diberangkatkan

Painan, Humas -- Sebanyak 143 Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 1445 H/2024 M resmi dilepas. Pelepasan jamaah haji berlangsung di Masjid Akbar Baiturrahman oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Sumardi, Selasa (21/5).

Dalam sambutannya, Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan kepada para JCH, bahwa semua muslim pasti mendambakan bisa menunaikan ibadah haji, namun tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama.

"Bapak dan Ibu semua adalah orang-orang yang beruntung karena hari ini akan menjalani sebuah perjalanan spritual. Hendaknya momentum ini mampu menambah rasa syukur kita semua," ungkap Bupati.

Kepada JCH berpesan agar meluruskan niat dan melaksanakan dengan baik seluruh rangkaian ibadah haji, dengan tetap mengikuti petunjuk pembimbing nantinya. 

Bupati juga mengingatkan JCH agar selalu menjaga kekompakan dan saling membantu antara sesama jamaah serta selalu menjaga kesehatan mengingat cuaca yang ekstrim di tanah suci.

"Semoga bapak dan ibu pergi dan pulang dengan selamat, jalin kebersamaan dengan sesama jemaah saling bantu dan tolong menolong. Semoga perjalanan ini akan membawa perubahan yang sangat besar bagi bapak dan ibu semua," ujar Rusma Yul Anwar.

Sementara itu Plt Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan, Sumardi dalam laporannya menyampaikan, dari 143 JCH Kabupaten Pesisir Selatan tahun ini terdiri dari 54 orang laki-laki, dan 89 orang perempuan yang tergabung dalam Kelompok Terbang (kloter) 9 bersama JCH Kabupaten Dharmasraya.

"Jamaah dengan usia termuda Ativa Yulanda 23 tahun asal Laban Kecamatan IV Jurai, sedangkan jamaah tertua, Kaisem yang berusia 82 tahun asal Kecamatan Lunang.

Melihat kondisi jamaah Kabupaten Pesisir Selatan banyak yang lansia, Sumardi berharap kepada ketua regu dan ketua rombongan agar selalu berkoordinasi dengan ketua kloter nantinya.

"Apalagi kondisi Makkah dan Madinah cuacanya yang sangat panas, diminta kepada jamaah agar menjaga kesehatan, dan selalu berkoordinasi dengan petugas kesehatan," kata Sumardi.

Kepada petugas kloter, Sumardi berpesan agar memberikan pendampingan yang terbaik bagi JCH Pesisir Selatan selama menunaikan ibadah di tanah suci.

Terakhir Sumardi mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan untuk mendoakan semoga JCH Kabupaten Pesisir Selatan semoga selamat dalam menunaikan ibadah haji selama di tanah suci hingga kembali lagi ke tanah air. 

"Selamat jalan duyufurrahman, selamat menunaikan rukun Islam yang kelima, semoga menjadi haji yang mabrur," ujar Sumardi. Zon